Latest News

Memulai Pecakapan Dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat memulai percakapan dalam bahasa Inggris dengan orang asing adalah sebuah tantangan bagi sebagian orang. Rasa canggung dan tidak percaya diri menjadikan kita kesulitan untuk memulai percakapan ini. Nah ada dua alasan rasa canggung dan tidak percaya diri. Mari diurai dua rasa ini dan bagaimana menanganinya.



Semoga saja dengan mengenali penyebabnya, bisa mulai menanggulanginya dan melanjutkan kemampuan untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris.

Rasa Canggung - Tidak Percaya Diri


Rasa ini memang aneh, hampir setiap orang mengalami hal ini dalam banyak situasi. Tetapi kalau diurai lebih jauh, ternyata ada beberapa penyebab rasa canggung itu. Pertama karena bisa saja karena tempatnya baru. Nah ini dia, baru pertama kali datang, belum terbiasa. Melihat orang sekeliling dan merasa berbeda. Langsung saja semangat meredup. Nggak berani. Karena belum terbiasa dengan lokasi, tentu saja rasa canggung ini hadir.

Kedua tidak percaya diri. Sudah tahu sih tempatnya, tetapi masih juga nggak pede. Ya ini karena kita tidak sering-sering mengeluarkan kemampuan kita. Jadi? Karena tidak sering-sering maka jawabannya adalah harus sering-sering berlatih. Caranya ya, dipersiapkan dengan baik. Misalkan senyum, terus say "Hi". Kalau dia ngajak senyum, langsung aja dijulurkan tangan, "Hi, I'm Wawan".  That's it. Sudah mulai tuh. Mulai deh dikembangin kemampuan berbicara. Dari satu dua kata menjadi beberapa kalimat.

Mengatasi Rasa Canggung

Solusinya ada dua membuat diri nyaman dengan situasi baru ini. Buang rasa takut. Semua orang juga datang untuk pertama kali.

Salah satu rahasia penulis adalah dengan mengamati lingkungan sekelilingnya. Kemudian masuk ke lingkungan ini dengan melakukan hal yang sama seperti  pesan minuman atau makanan kecil. Kalau kita misalkan tidak minum alkohol, kita bisa minta soda, atau kopi bahkan. Jangan takut. Buat diri kita nyaman saja. Kalau belum siap bicara dengan orang, duduk saja dulu. Buat diri merasa nyaman. Biasanya setelah nyaman kita bisa mulai melihat orang. Tetapi ini semua bergantung kepribadian ya, ada yang mudah bergaul langsung nyambung. Ada yang sedikit introvert sehingga butuh waktu untuk memulai percakapan.

Cara kedua adalah bawa teman. Biar jangan merasa aneh sama sekali, coba cari teman yang memiliki kemiripan. Misalkan cari yang kulitnya sawo matang dan berambut hitam. Nah coba aja ajak ngomong, bahasa Indonesia dulu. Kemudian, minta dia memperkenalkan dengan temannya yang lain. Konsepnya adalah dia pasti lebih dahulu mengenal lingkungan, jadi kita mudah untuk masuk ke lingkungan itu.

Yang paling penting sebenarnya adalah mengatasi rasa takut. Ingat tulisan tentang jangan takut salah dalam berbahasa inggris? Nah gunakan konsep itu. Orang asing juga kagum ada orang  Indonesia yang pandai berbahasa Inggris.