Latest News

Membuat Kalimat Dalam Bahasa Inggris yang Baik

kalimat dalam bahasa inggris

Ada sebuah pertanyaan menarik kemarin, yaitu "bagaimana membuat kalimat dalam bahasa Inggris yang baik?". Ada dua konsep di dalamnya. Pertama bagaimana membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Kedua adalah kalimat dalam bahasa Inggris yang baik. Yang pertama menanyakan cara membuatnya dan yang kedua kriterianya. Untuk bisa membuatnya tentu, sebelumnya harus diketahui kriterianya bukan? Karena kriteria yang baik akan memudahkan kita dari menulis kalimat yang tidak tepat.

Kriteria Kalimat yang Baik - A Good Sentences

Kita mulai dengan kalimat yang baik. Kalimat adalah sebuah expresi dari sebuah penyataan. Kata hanya menujukan sebuah arti. Contoh "Hungry" hanya menyatakan lapar. Siapa yang lapar? Bisa saya, bisa Anda. Saya adalah "I", dan Anda adalah "You". juga berdiri sendiri. Jadi sebuah kalimat yang baik itu pertama harus bisa menyatakan expresi. Misalkan "Saya Lapar" atau "I am hungry".

Hal penting kedua, jangan membuat kalimat yang tidak lengkap atau arti yang terpotong. Misalkan "Makan Pisang" "Eat a banana", siapa yang makan? Ini kesalahan karena kehilangan subject. Atau "Saya Pisang" "I banana", ini juga menarik, apa hubungan saya dan banana? Ini kehilangan predikat. Untuk object adalah opsional, bisa ada bisa tidak ada. Misalkan "Saya makan". Bisa jadi "I'm eating" atau "I'm eating a banana". Contoh tadi ada objectnya yaitu pisang.

Hal lain yang penting adalah memperhatikan waktu dari kejadian. Semisalkan waktu kejadian masa lalu, maka yang digunakan adalah past tense. Demikian pula dengan kejadian yang sedang terjadi dan di masa mendatang. Dikarena bahasa Inggris mengenal perbedaan bentuk kata kerja untuk perubahan waktu, tenses, perlu diperhatikan tentang penerapannya dikalimat. Dari penjelasan di atas, kesimpulannya adalah penerapan grammar diperlukan dalam menulis dalam bahasa Inggris

Yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan tanda baca dan huruf besar. Hal ini selain menjelaskan tekanan dari sebuah kalimat, juga menjadikan parameter seberapa baik penulisnya. Memperhatikan tanda baca sangat penting bagi pembaca yang memahami bahasa Inggris dengan baik.

Membuat Kalimat yang Baik

Langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat kalima yang baik. Membuat kalimat merupakan sebuah cara setiap orang mengungkapkan ekspresi. Tentu saja hasilnyapun akan sangat beragam. Jadi sepanjang memenuhi kriteria di atas.

Untuk tahapan awal, kita bisa berlatih dengan mengidentifikasi pertanyaan siapa, melakukan apa, dengan apa, dimana, kapan? Nah pertanyaan ini akan membentuk kalimat dasar. Misalkan siapa? Saya. Melakukan apa? Menulis.  Dengan apa? Komputer. Di Mana? Di Kamar. Kapan? Sekarang. Nah kah sudah jadi kalimatnya.

I'm typing on my computer in my room.

Nah, jadikan.  Bagaimana kalau Kapan? Kemarin. Atau akan dilakukan besok. Ini akan membawa perubahan tense yang berakibat berubah bentuk katanya, bukan? Bentuk lanjutnya adalah merangkai dua kalimat menjadi satu baik dalam hubungan jika-maka atau sejajar. Hal ini akan membuat kita semakin terlihat luwes dalam menulis dalam bahasa Inggris.