Latest News

Memulai Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris

cara menulis artikel

Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris itu bagaimana ya caranya? Banyak orang mengalami kendala untuk menulis dalam bahasa inggris terutama dalam kalimat yang panjang berbentuk artikel. Sekarang mari kita bedakan antara menulis dan menulis dalam bahasa inggris. Kemampuan pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis setelah itu baru menulis dalam bahasa inggris.


Tujuan Menulis itu Penting


Apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menulis sebuah artikel? Ini adalah sebuah pertanyaan penting untuk menulis.Jawabannya sederhana yaitu apa tujuannya untuk menulis? Kita harus menemukan terlebih dahulu tujuan dari menulis. Manakala kita sudah menemukan tujuan dari kita menulis maka otomatis kita akan bergairah untuk menulis.

Ada baiknya kita menanyakan kepada diri kita apa tujuan kita menulis. Sebagian akan menjawab menulis adalah untuk mengekspresikan ide. Sebagian yang lain akan menjawab menulis adalah untuk memberi tahu orang. Dan ada juga yang menulis sebagai sebutan untuk kebutuhan. Mereka ingin dapat menjadikan tulisan sebagai media mereka untuk tumbuh sehingga agar terus tumbuh mereka harus menulis.

Tugas kita sekarang adalah bagaimana kita bisa mengenali tujuan dari kita menulis jawabannya sederhana tanyakan kepada diri kita sendiri. Ayo apa tujuan kamu menulis, sekarang? Cari uang atau sebagai profesi juga boleh koq.

Membuat Kerangka Tulisan

Selanjutnya setelah kita memiliki keinginan untuk menulis kita harus dapat mengetahui cara menulis yang efektif. Bagaimana menulis yang efektif itu? Menulis yang efektif adalah di mulai dari kerangka yang akan ditulis. Sebagai contoh kalau kita ingin membuat rumah tentu akan lebih mudah kalau kita sudah memiliki desain dari rumah yang akan dibangun.

Sekarang bagaimana cara membuat kerangka dari sebuah tulisan? Kita dapat mulai dari tema yang akan ditulis. Untuk memilih sebuah tema atuh kita harus memiliki sebuah ide apa yang akan dituliskan. Menulis adalah sebuah komunikasi untuk menyampaikan apa yang ingin diekspresikan.

Misalkan kita ingin menyampaikan bahwa kita peduli terhadap anak anak jalanan sehingga idenya adalah apa yang bisa kita lakukan terhadap anak jalanan ternyata banyak sekali yang bisa kita lakukan.

Sekarang setelah kita memiliki ide tulisan. Selanjutnya adalah membuat kerangka dari ide ini. Caranya adalah dengan membuat turunan dari ide. Contohnya

Ide: Kepeduliaan Terhadap Anak-anak Jalanan

Bisa kita turunkan menjadi sub ide,
Sub Ide1: Fenomena anak jalanan
Sub Ide2: Permasalahan anak jalanan
Sub Ide3: Apa yang sudah dilakukan pemerintah
Sub Ide4: Apa yang bisa kita lakukan

Dengan kerangka yang kita buat ini, kita bisa tahu apa saja yang bisa kita tuliskan terhadap masing masing sub ide. Caranya mudah cukup buat satu kalimat di masing masing sub ide. Contohnya adalah untuk sub ide pertama fenomena anak jalanan. Kita dapat menuliskan jalan jalan sering kita temui anak anak yang berdiri di pinggir jalan dengan pakaian yang sudah kumal. Hal ini tentu saja membuat pemandangan kota yang menarik karena sudah tertata rapi tetapi masih memiliki permasalahan dalam menangani anak anak ini.

Dari sini kita dapat mulai menurunkan ide secara lengkap melalui paragraf paragraf yang menyusun tulisan pertama yang telah kita buat. Setiap kalimat yang dibuat dapat dipecah menjadi dua atau tiga ide paragraf. Dan di masing masing ide paragraph dapat memiliki tiga sampai lima kalimat yang mendukung paragraf tadi.