Latest News

Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris


Bagi sebagian orang untuk memilih kursus bahasa Inggris yang dibutuhkan adalah hal yang sulit. Mengapa? Karena tidak tahu apa yang bisa diperoleh dari tempat kursus bahasa Inggris ini. Kemudian apa yang bisa membantu kita untuk dapat memilih kursus bahasa Inggris yang baik. Apakah dari brosur? Iklan di Internet? Rekomendasi dari Teman? Atau Yang dekat rumah saja?

Nah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih kursus bahasa Inggris yang tepat untuk kebutuhan kamu.


Kembali ke Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Sebelum kita memilih langkah terbaik adalah melihat apa kebutuhan kita. Maksudnya? Ya kita instrospeksi diri lagi. Apa sih tujuan kita belajar bahasa inggis? Karena dengan mengetahui tujuan kita belajar kita akan tahu karakter apa yang dibutuhkan. Contoh bila kita ingin belajar menulis artikel. Tentu tempat kursus bahasa Inggris yang dipilih yang menekankan cara menulis artikel seperti kursus English Writing.

Bagaimana kalau ingin bisa bercakap-cakap dengan teman sekerja yang orang asing. Tentu kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris adalah penting. Sehingga kita bisa memilih misalkan program Conversation Class. Nah ini lah maksudnya kita kembali ke tujuan belajar.

Kalau kita sudah tahu tujuan belajar kita, maka langkah selanjutnya akan mudah. Kita bisa mencari program kursus atau tempat kursus bahasa Inggris yang akan membantu kita mencapai tujuan kita.

Jangan sampai yang terjadi sebaliknya. Belajar hal yang tidak dibutuhkan. Contoh belajar conversation bahasa Inggris tetapi di kantor semua teman-temannya masih menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Tentu hal ini tidak tepat.

Lihat Kekurangan Diri Saat Menyiapkan Ujian Bahasa Inggris

Nah, kalau ada yang ingin mengambil kursus bahasa Inggris karena mau mengambil ujian misalkan ujian masuk perguruan tinggi seperti TOEFL atau IELTS. Pastikan kita memilih tempat kursus yang menyelenggarakan kursus untuk ujian sejenis. Mengapa? Karena tatkala melakukan ujian maka jenis soal dan teknik pengujiannya akan berbeda untuk masing-masing model. 

Sehingga berlatih soal yang tepat, dengan cara menjawab yang sudah diasah di tempat kursus pelatihan bahasa Inggris ini akan membantu kita untuk melakukan ujian lebih baik.

Yang kedua adalah di dalam ujian bahasa Inggris umumnya akan dibagi bagi berdasarkan jenis keterampilan. Contoh kemampuan membaca dan memahami bahasa Inggris akan diujikan melalui test reading. Untuk percakapan akan diujikan dengan conversation. Dalam melihat kemampuan menulis akan diujikan dengan menulis cerita. Dan terakhir untuk memastikan peserta ujian memahami sebuah percakapan, akan diujikan dengan ujian listening. Semua ini memiliki kekhususannya masing-masing.

Nah di sini, penting bagi kamu untuk melihat apa kekurangan diri kamu di ujian ini. Mengapa? Karena sambil meningkatkan kemampuan kamu di bidang yang sudah dikuasai misalkan membaca dan mendengar. Kita bisa ekstra belajar di bidang lain seperti menulis dan berbicara. 

Dengan memahami kebutuhan yang tepat kita bisa meminta pengajar atau tutor kursus bahasa Inggris paham situasi kamu. Apakah kamu butuh materi yang lebih intense di bidang tertentu seperti memperbanyak latihan mendengar atau latihan conversation.

Jadi bagaiman memilih tempat kurus bahasa Inggris? Pilihlah yang akan menjawab kebutuhan kamu. Cari, bandingkan, bertanya tentang cara belajar, waktu belajar, materi pelajaran, pengajarnya siapa, siapa saja lulusannya, bagaimana hasil mereka sebelum memutuskan.

Selamat memilih tempat kursus bahasa Inggris dan yang terpenting adalah kenali kebutuhan kita sebelum memulai.