Latest News

Mau Tahu Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

cara belajar bahasa inggris yang efektif

Mau Tahu Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif? Banyak orang yang ingin bisa berbahasa Inggris, namun sudah belajar dari kecil hingga kuliah tetap saja masih belum bisa. Wah ini menarik sekali untuk dibahas. Karena ternyata cara belajar kita yang sudah lebih dari 10 tahun belum juga bisa membuat kita bisa berbahasa Inggris.

Masalahnya dimana ya? Ada yang bilang sih karena cara belajar bahasa Inggris yang efektif belum digunakan. Terus bagaimana donk caranya supaya cara belajar bahasa Inggris kita menjadi efektif? Mari simak.


Belajar Bahasa Inggris Tetapi Tidak Bisa Berbahasa Inggris

Apa sih bedanya orang yang belajar bahasa Inggris dengan orang mampu berbahasa Inggris? Yang satu baru belajar, dan yang satu lagi sudah bisa. Ya betul. Satu belajar, satunya lagi mampu. Terus? Nah ini perbedaan yang mendasarnya, Mampu Berbahasa Inggris adalah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan Belajar Bahasa Inggris adalah proses untuk mencapai tujuan tadi.

Terus kenapa tidak bisa berbahasa Inggris? Nah ini dia jawabannya karena kita melihat bahasa Inggris sebagai pengetahuan. Di sekolah kita diajarkan menggunakan bahasa Inggris untuk? Menjawab Ujian. Bukan untuk memberikan kemampuan diri untuk bisa berbahasa Inggris. Nah jelaskan ya.

Karena tujuannya sudah beda, otomatis cara belajar kita juga berbeda. Demikian pula dengan motivasi kita belajar, apa yang dipelajari sampai cara penggunakan pengetahuan berbahasa Inggris kita tadi.

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan keahlian (atau skill) yaitu kemampuan yang digunakan secara praktis. Di sekolah kita mendapatkan pelajaran bahasa Inggris sebagai pengetahuan (knowledge) yaitu kemampuan di dalam otak untuk kepentingan analisis, menjawab soal ujian dan lain-lain, bukan untuk dipraktekkan di dunia nyata. Inilah permasalahannya.

Pertama kita harus menyadari mulai sekarang kita akan belajar bahasa Inggris sebagai sebuah bentuk keahlian. Ya, sesuatu yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari hari. Apa contohnya untuk kegiatan sehari-hari? Contoh nih, bisa baca novel dalam bahasa Inggris. Wah asyik kan? Bisa baca berita dalam bahasa Inggris. keren kan? Apalagi kalau sudah bisa mendengarkan berita dalam bahasa Inggris? Sampai bisa mendengarkan orang berbicara perancis tetapi ada subtitle dalam  bahasa Inggris. Tambah keren.

Nah ini lah yang dimaksud dengan belajar secara efektif. Efektif artinya tepat sasaran. Sekarang kembali nih ke pertanyaan cara belajar bahasa Inggris yang efektif itu seperti apa?


Tetapkan Tujuan Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif


Sekarang kita mulai langkah pertama dalah belajar bahasa Inggris  secara efektif yaitu Menetapkan Tujuan Kita Belajar Bahasa Inggris. Kalau kita tidak tahu buat apa berbahasa Inggris, lebih baik tidak usah belajar karena nggak bisa efektif.

Kalau ndak tahu kenapa mau belajar bahasa Inggris? Ya kita tetapkan sekarang. Cara? Pilih saja salah satu tujuan belajar bahasa Inggris di sini, misalkan

  • Ingin bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris
  • Ingin bisa mendengar siaran radio 
  • Ingin bisa memahami percakapan film
  • Ingin bisa bercakap-cakap dengan pelanggan bule
  • Ingin bisa membaca artikel Washington Post
  • Ingin bisa chatting dengan orang bule
  • Ingin sekolah di luar negeri
  • Ingin menulis buku berbahasa Inggris

Mudah bukan? Sekarang kita tahu apa yang kita inginkan dari belajar bahasa Inggris. Jadi kita akan mudah sekarang menentukan cara dan materi belajarnya. Sebelum membaca materi lain di blog ini, pastikan sudah punya tujuan belajar. Sekali lagi ambil tujuan yang akan diraih. Ini penting sekali dalam memulai belajar bahasa Inggris.

Mau tahu tips cara belajar bahasa Inggris yang selanjutnya, simak terus ya artikel di Tips Belajar Bahasa Inggris.