Latest News

Tempat Les Bahasa Inggris Yang Bagus Dimana Ya?

Tempat Les Bahasa Inggris Yang Bagus itu sebenarnya dimana ya? Pertanyaan ini sering diajukan oleh orang yang baru belajar bahasa inggris. Atau orang tua agar anaknya bisa berbahasa Inggris. Tetapi yang sering terlihat adalah begitu banyak iklan-iklan tentang belajar bahasa inggris dengan biaya yang cukup mahal, namun hasilnyha tidak seperti yang diharapkan.

tempat les bahasa inggris


Disinilah pentingnya kita untuk mengetahui apa tujuan dari kita belajar karena kadangkala tujuannya berbeda dengan cara yang dipilih untuk belajar. Setelah kita menemukan tujuan kita belajar seperti ingin dapat bercakap cakap dalam bahasa inggris, maka kita dapat memilih tempat les bahasa inggris yang spesialis dalam percakapan. Hal ini bertujuan agar hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kenali Kebutuhan Belajar Bahasa Inggris

Baik, sesuai dengan yang perlu diketahui pertama kali adalah apa kebutuhan kita dalam belajar bahasa Inggris. Begitu banyak orang ingin belajar bahasa inggris dengan beragam pentingnya. Beberapa contoh berikut menggambarkan kebutuhan tadi.

  • Misalkan ada seorang anak yang sedang belajar di sekolah memiliki kesulitan dalam belajar bahasa inggris. Karena sang anak sama sekali tidak memahami bahasa inggris. Dan tujuan dalam belajar bahasa Inggris ini adalah agar nilai sekolah anak khusunya pelajaran bahasa inggris dapat bagus.

    Disini kita bisa melihat bahwa tujuan belajar bahasa inggris dari si anak adalah untuk mendapatkan nilai yang baik di sekolah. Hal ini berarti si anak diharapkan memiliki kemampuan untuk membaca dan menjawab pertanyaan. Sehingga kemampuan reading sangat dibutuhkan.
  • Lain halnya dengan seorang teman yang baru menyelesaikan sarjana strata satu dan akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Disini ia yang diminta persyaratan untuk dapat memiliki nilai ujian bahasa inggris seperti toefl dan air yang memadai, seperti 575 untuk toefl atau 6.0 untuk IELTS.

    Disini kita bisa melihat ada dua jenis ujian yang memiliki karakter yang berbeda. Untuk ujian TOEFL kita akan menemui beberapa jenis ujian yang akan membutuhkan kemampuan membaca menganalisis dan memilih jawaban yang tepat.

    Sedangkan tujuan ujian akhir adalah mengukur kemampuan seseorang dalam berbicara, mendengar, membaca, dan menulis secara keseluruhan. Sehingga ia diharapkan sebuah kemampuan yang lengkap terhadap penguasaan bahasa Inggris.
  • Lain halnya dengan seorang akan yang sudah menyelesaikan sebuah pendidikan profesional di bidang perhotelan kemudian bertugas di tempat kerja yang baru. Di sini ia dituntut untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik. Sehingga kebutuhan utamanya adalah melakukan percakapan baik untuk kepentingan bisnis maupun kepentingan sosial lainnya.

Dari contoh gambar diatas kita dapat mengenali bahwa ada beragam kepentingan orang dalam belajar bahasa Inggris. Sehingga hal yang paling penting dalam hal ini adalah tahu dulu apa yang mereka inginkan kemudian baru memilih tempat les bahasa inggris yang sesuai.

Pertimbangan Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

Dalam memilih tempat tes bahasa Inggris perlu perhatian beberapa hal yang akan berpengaruh terhadap cara mereka belajar dan tujuan mereka,


  1. Hal pertama yang paling penting diperhatikan adalah jenis kursus yang akan diambil di tempat les bahasa inggris. Hal ini penting agar kita tidak mengikuti sebuah kelas yang berbeda dengan tujuan kita belajar. Misalkan apabila kita ingin memiliki kemampuan untuk bercakap-cakap maka yang dipilih adalah kelas conversation. Kelas ini akan menekankan kepada kemampuan untuk berbicara dengan orang dengan beragam situasi. Mulai dari percakapan sederhana hingga percakapan yang sudah sangat kompleks.
  2. Hal kedua yang penting diperhatikan adalah siapa yang mengajar dari kelas tadi. Tujuannya adalah agar kita dapat memilih pengajar mencari yang paling tepat untuk belajar. Sebagai contoh apabila kita ingin memiliki kemampuan untuk dapat mendengarkan dan berbicara secara baik maka pilihlah guru atau pengajar yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

    Misalkan untuk kelas conversation, alangkah baiknya bila kita memiliki guru soalnya orang yang asli berbahasa inggris. Namun jangan pula terjebak asal orang bule. Perhatikan negeri asal dari guru tadi. Jangan sampai orang asing ini memang bule tetapi bukan berasal dari negara yang menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari hari, seperti Jerman atua Belanda. Mereka memiliki kecakapan berbicara yang berbeda dengan orang yang berasal dari Inggris atau Amerika.
  3. Bagian ketiga yang penting diperhatikan adalah materi pelajaran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa apa yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan kita. Misalkan apabila data fokus kepada ujian maka yang perlu dilakukan adalah memperbanyak latihan soal soal yang berhubungan dengan ujian tadi. Jangan sampai kita lakukan belajar bahasa inggris dengan cara mengulang-ulang teori yang ada tanpa melakukan ujian seperti yang akan diujikan.

    Dapat dibayangkan bahwa kita akan melakukan sebuah persiapan ujian tertulis tapi kita tidak pernah melatih bagaimana menjawab soal tadi. Sehingga cara belajar dan materi belajar yang dipilih harus berhubungan dan mendukung tujuan dari kita belajar.
  4. Bagian keempat yang tidak kalah penting adalah waktu belajar. Karena kita mengikuti sebuah kelas di tempat les bahasa Inggris maka yang harus diperhatikan adalah jam belajar. Kadangkala kita mengalami kesulitan untuk menentukan kebutuhan jam belajar. Dapat juga waktu yang dipergunakan sangat mulai dari jam 12 siang hingga jam 9 malam. Tentu saja waktu yang sedemikian lama membut kita tidak dapat belajar secara efektif. Terkadang jumlah waktu pelajaran hanya untuk memenuhi standar dari kelas yang ada tanpa tidak mendukung kebutuhan dari kita yang belajar.

    Jadi pastikan benar bahwa waktu belajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kita untuk belajar secara efektif.
Dari penjelasan diatas kita dapat belajar bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat les bahasa Inggris. Mulai dari lokasi, waktu, materi dan cara belajar . Hal yang terpenting adalah kita belajar sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.


Menilai Sebuah Tempat Les Bahasa Inggris

Bila dikaitkan dengan keadaan disekitar kita, akan terlihat begitu banyak tempat les yang sedang mempromosikan layanan mereka. Hal ini membuat kita semakin bingung untuk memilih tempat les bahasa inggris yang paling tepat.

Adakah cara cara yang mampu membuat kita dapat memilih sebuah tempat les bahasa inggris yang bagus. Ini adalah sebuah pertanyaan penting karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih tempat les bahasa Inggris terkait dengan informasi yang diberikan,


  • Pertama adalah kualifikasi dari staf pengajar. kita bisa lihat apakah pengajarnya adalah seorang native, seorang sarjana dalam bahasa asing, atau masih seorang mahasiswa. Tentu saja dengan menilai hari ini kita dapat menentukan apakah suatu tempat les bahasa inggris memiliki kriteria yang baik.
  • Hal yang kedua adalah dengan cara melihat lulusan dari tempat les tadi. Apakah mereka menunjukkan sebuah keberhasilan dari apa yang mereka pelajari? Sebagai contoh untuk kelas TOEFL kita dapat menanyakan berapa rata rata nilai yang diraih oleh para lulusan mereka.
  • Hal lain yang tak kalah penting adalah berapa lama mereka telah menjalankan tempat les ini. Karena tempat les yang baik tentu akan memiliki riwayat yang panjang sejak berdiri selain karena mereka memang ahli dibidangnya, tetapi juga karena mereka memiliki kepercayaaan dari pelanggannya.
Demikian tips tips yang dapat digunakan untuk memilih tempat les bahasa inggris yang bagus. Semoga anda dapat memilih tempat yang terbaik untuk mencapai tujuan anda.