Latest News

Kosakata Bahasa Inggris dahulu, Baru Aturan Grammar

kosakata bahasa inggris


Kosakata Bahasa Inggris lebih dahulu baru menguasai grammar. Banyak orang yang terjebak untuk mulai belajar bahasa inggris dengan cara melihat aturan penulisan yaitu Grammar. Namun ternyata dalam belajar bahasa inggris ada dua hal penting yang harus dikuasai yang pertama adalah kosakata atau daftar kata dan aturan main yang disebut grammar. Yang menjadi masalah sekarang banyak orang lebih mementingkan masalah grammer dibandingkan dengan daftar kata yang diketahuinya.

Sekarang pertanyaannya adalah mana yang lebih dahulu kosakata atau pengetahuan terhadap aturan bahasa. Bisa dibayangkan kalau ada orang yang memiliki kemampuan memahami aturan dalam bahasa inggris tetapi tidak mengetahui arti dari kata-kata yang ada dalam sebuah tulisan? Akan sangat sulit untuk dipahami jadi yang harus dilakukan adalah kuasai dulu sebanyak mungkin kosakata yang digunakan sehari hari.

Mengapa Kosakata Bahasa Inggris penting dikuasai lebih dahulu

Berdasarkan penelitian, jumlah kosakata harus dikuasai oleh seorang yang mampu berbahasa inggris sekitar tiga ribu sampai 5.000 kata. Jumlah kosakata bahasa inggris ini bukanlah hal yang sedikit tetapi kalau anda mempelajari bahasa Inggris selama 2 tahun. Artinya anda memiliki sekitar 700 hari dalam dua tahun, maka yang perlu dikuasai adalah salah satu hari sekitar lima kata saja. Ternyata jumlah yang tidak banyak, bukan?

Mari sekarang kita bayangkan kita sedang membaca sebuah kalimat. Mungkin kita mengetahui bagaimana tata cara penulisan kalimat tadi apakah benar atau tidak secara grammar. Tetapi bahasa merupakan cara kita berkomunikasi, maka dengan tahu arti dari tiap kata di kalimat tadi kita bisa mengerti maksud kalimatnya.

Inilah manfaat sebenarnya dari penguasaan kosakata kita dapat memahami sebuah kalimat tanpa harus tahu kalimat tadi benar atau tidak dalam tata cara penulisan. Sangat menarik bukan?

Bingung Tense, Kuasai Present Tense Dulu 

Apa yang bisa kita lakukan kalau kita sedang menghadapi suatu masalah yang rumit? Kita akan membuat menjadikan masalahnya yang lebih sederhana, bukan? Sekarang mengapa kita dalam belajar bahasa inggris. kita kadang terlalu ingin mengetahui aturan tata penulisan yang benar  dibandingkan kita memahami maksud dari tadi. Nah disinilah sebenarnya tantangan dalam bahasa Inggris.

Untuk sederhananya kita dapat mulai dengan belajar bahasa inggris dengan menggunakan satu tata aturan saja yaitu present tense atau waktu sekarang. Mengapa kita mengambil present tense sebagai aturan yang digunakan dalam kita belajar. Kawabannya sederhana saja karena disini menggunakan bentuk kata kerja pertama sebelum dilakukan perubahan kata di tense lain.

Pertanyaannya adalah kapan kita akan menggunakan tense yang lain? Jawaban yang sederhana, kita akan menggunakannya tatkala kita sudah menguasai kosakata sekitarnya 1000 sampai 1500 kata. Itu saja.

Bagaimana Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk kita dapat meningkatkan kemampuan mengingat kosakata bahasa inggris. Salah satunya yang paling sering digunakan untuk anak bayi adalah dengan menggunakan flash card. Ini adalah sebuah kartu yang di bagian depan memiliki gambar. Dan di bagian belakangnya bertuliskan kata yang menjelaskan gambar depan.

Kita dapat berlatih dengan mengambil sebuah kartu berisi gambar. Kemudian kita menerka kosa kata dalam bahasa inggris untuk gambar tadi. Sebagai contoh kita bisa mengambil gambar sebuah apel. Dan kita diminta untuk menerkanya dalam bahasa Inggris, "apple". Ya seperti itu. Bila sehari kita bisa menguasai lima kata baru saja, dalam sebulan kita akan menguasai 150 kata baru.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kosakata adalah dengan melihat benda-benda yang ada di sekitar kita. Coba perhatikan apa yang ada di depan kita saat duduk ini. Ada meja, ada komputer, ada pulpen,  kertas, atau peruncing kertas.  Nah pertanyaannya adalah apakah kita mengetahui semua kosakata dalam bahasa inggris dari benda-benda tadi?

Bila kita sudah menguasai semua kata benda yang ada di sekitar kita. Coba kita lakukan di lokasi yang lain Misalkan saat kita sedang berada di tempat makan seperti restoran atau caffee. Coba kita perhatikan benar apa saja yang ada di sana? Pakaian apa saja yang dikenakan orang? Apa saja yang dilakukan orang disana? Apakah kita mengetahui kosakata dari tiap tiap benda dan aktivitas yang ada disana? Belum, nah tantangan buat kita untuk mencari tahu.

Bila kita takut lupa aja apa yang telah kita ingat. Kita dapat mencatatnya ke dalam sebuah buku kecil yang bisa dibawa kemana saja. Atau bisa saja disimpan di sebuah catatan di handphone. Tujuan sederhana agar dapat dengan cepat mengingat kata kata yang telah dituliskan.