Latest News

Kerangka Bahasa Inggris adalah Cara Mulai Menulis Artikel

Membuat Kerangka Bahasa Inggris adalah cara untuk mulai menulis artikel. Ada banyak cara untuk bisa memulai menulis artikel. Ada orang yang biasa untuk mulai menulis secara langsung. Ada juga orang yang menulis harus memiliki kerangka tulisan. Masing-masing memiliki keunggulannya. Tapi kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat artikel dengan cara menyusun kerangka bahasa inggris terlebih dahulu.

kerangka bahasa inggris


Menulis adalah hal yang menarik, tetapi tidak semua orang merasa dirinya bisa menulis. Padahal kalau kita bisa berbicara seharusnya kita juga bisa menulis. Karena menulis adalah suatu bentuk lain dalam menyampaikan ide. Hampir serupa dengan cara kita berbicara.

Dalam proses berbicara biasanya kita akan berhenti sejenak. Kita akan menyusun apa yang akan di sampaikan kepada orang lain. Manakala kita sudah mulai mengucapkan satu kalimat permbuka, selanjutnya kita dapat melanjutkan apa yang kita pikirkan sebelumnya.

Jadi secara tidak langsung sesungguhnya kita sudah belajar untuk membuat kerangka berpikir sebelum berbicara. Hal inilah yang akan kita coba untuk lakukan yaitu membuat kerangka bahasa inggris dalam sebuah artikel.

Mengapa Kerangka Penting

Ada sebuah pertanyaan menarik kenapa kita harus membuat kerangka terlebih dahulu. Bukankah kalau menulis itu sudah biarkan saja mengalir. Maksudnya tulis saja yang apa sudah di kepala kita. Ya boleh saja orang berpendapat demikian. Tapi coba berapa banyak orang yang bisa menulis dari awal hingga akhir dalam bentuk yang berstruktur sehingga membuat pembaca yang mudah mencerna tulisan.

Karena itu kita akan mencoba melihat beberapa manfaat dari membuat kerangka bahasa inggris untuk sebuah artikel,

  • Coba kita ambil contoh saat kita ingin membuat rumah. Apa yang sudah punya lebih dahulu? Ya, sebuah desain rumah. Sebuah kerangka apa yang akan kita buat di tanah yang kita miliki.

    Demikian pula dengan membuat kerangka tulisan kita akan jauh lebih mudah untuk membuat tulisan. Karena kita sudah memiliki kerangka dari apa yang akan kita tulis, kita akan lebih mudah membuatnya. Sehingga manfaat pertama dari membuat kerangka adalah kita akan mudah dalam membuat tulisan.
  • Manfaat kedua adalah tulisan kita menjadi lebih struktur. Artinya pembaca akan lebih mudah untuk memahami apa yang ingin kita sampaikan. Kita akan berusaha menulis dengan cara menjelaskan latar belakang, apa yang sedang dibahas dan bagaimana hasilnya. Tentu hal ini akan sangat membantu pembaca untuk lebih memahami apa yang ingin kita sampaikan sebagai seorang penulis.

    Sehingga manfaat kedua dari sebuah kampung adalah akan memudahkan membaca untuk mencerna tulisan kita.
  • Pernah kita merasakan saat menulis tiba tiba tiba kehilangan sebuah ide yang tidak dari awal kita ingat? Nah, kerangka memungkinkan kita untuk tidak kehilangan ide seperti ini. Membuat kerangka dari apa yang sudah dipersiapkan sebelumnya akan memudahan kan kita untuk memikirkan apa yang sudah ada dibandingkan kita harus mengingat ingat apa yang akan kita menulis hingga akhir tulisan.

Disini kita bisa belajar bahwa membuat rangka akan memberikan keuntungan bagi diri kita sebagai seorang penulis dan juga bagi para pembaca. Yaitu dengan menjadi kenyataan lebih terstruktur, enak dan mudah dibaca.

Belajar dari Sebuah Buku

Mari kita coba lihat saat kita sedang berada di sebuah toko buku. Kemudian kita memilih sebuah buku yang menarik di sana. Apa yang bisa kita lihat dari buku tadi? Ya, daftar isi buku. Daftar isi memberikan gambaran umum terhadap apa disajikan di dalam buku tadi.

Disinilah pentingnya kita melihat bahwa dengan melihat daftar isi buku, kita dapat memahami buku secara lebih cepat. Tentunya hal ini mengajarkan kita bagaimana membuat kerangka yang baik kita. Semakin sering melihat daftar isi, semakin kita tahu bagaimana hubungan antara satu bagian dengan bagian lain.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang dalam membuat angka adalah apa yang dituliskan terlalu luas atau terlalu sempit. Hal ini menyebabkan materi yang ditulis pun menjadi tidak fokus atau sangat terbatas. Tentu hal ini bukanlah hal yang diinginkan oleh pembaca kita. Mereka menginginkan sebuah tulisan yang cukup lengkap dan mudah dibaca.

Dari sebuah buku kita bisa mengamati daftar isi sebuah bab. Selanjutkan dengan melihat beberapa sub bab yang ada didalamnya. Kita melihat bagian yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Nah disinilah kita bisa belajar bahwa kerangka adalah serangkaian ide yang saling terkait satu dengan lain sehingga membentuk sebuah ide yang mudah ditangkap.

Bagaimana Membuat Kerangka

Seperti yang sudah dijelaskan tadi untuk membuat sebuah kerangka kita dapat belajar dari sebuah buku. Tetapi tentu masih ada pertanyaan bagaimana caranya kita membuat kerangka bahasa inggris ini?

Ada beberapa cara untuk membuat kerangka sebuah tulisan. Salah satu yang menarik dalam penggunaan Mind Map. Main map adalah sebuah gambar yang menerangkan apa yang ada di kepala kita terhadap sesuatu ide.

Caranya kita menuliskan sebuah ide di tengah halaman. Kemudian ditarik garis yang menghubungkan dengan ide yang berhubungan.  Seperti misalkan kita memiliki ide tugas seorang masinis kereta api, maka kita bisa menarik garis dengan persyaratan menjadi masinis, sekolah menjadi masinis, dan tantangan dalam melaksanakan tugas masinis.

Nah ide ide ini dituliskan dalam sebuah gambar. Dapat juga digunakan bentuk bentuk yang menarik untuk setiap ide dan garis yang berwarna warni. Tujuannya adalah agar otak kita semakin mudah mengenai ide ide tulisan ini.

Nah dari setiap ide turunan yang dinyatakan dalam bentuk garis, kita bisa mengubahnya menjadi sebuah sub judul. Jadi membuat kerangkapun semakin mudah. Kita bisa juga menggunakan pertanyaan kapan, dimana, mengapa, selanjutnya, untuk membantu kita mencari ide turunan dalam teknik Mind Map tadi.