Latest News

Tips Memulai Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

belajar menulis bahasa inggris

Kali ini kita akan berbagi Tips Memulai Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris. Menulis itu sesuatu yang sangat menarik. Karena menulis merupakan sebentuk expresi yang lebih lambat disampaikan tetapi biasanya lebih terstruktur karena dipikirkan terlebih dahulu. Bahkan ada orang yang mengatakan kalau level berikutnya dari seorang pembaca adalah menulis, mereka menyerap, meringkas, menemukan dan menceritakan kembali temuannya.


Memahami Hasil Menulis dalam Bahasa Inggris


Kita mulai dari yang akhir. Apakah tujuan dari sebuah proses menulis? Ya sebuah tulisan. Bentuknya? Bermacam-macam, mulai dari kalimat sederhana seperti di pesan singkat hingga satu buku berbahasa Inggris. Tetapi kalau diperhatikan, ternyata menulis itu memiliki tingkatan dari sebuah buku hingga ke sebuah kata.

Dalam sebuah buku, kita akan menemukan didalamnya terdiri dari beberapa bab. Di dalam bab-bab tadi terdiri dari beberapa kumpulan artikel dalam sub bab. Nah artikel ini dapat beberapa bentuk selain sub bab, seperti yang dilihat dari sebuah artikel berita. Di dalam sebuah artikel terdapat beberapa paragraph yang saling tersambung.

Masing masing paragraph memiliki ide cerita secara sendiri sendiri. Dan memiliki cara menjelaskan yang berbeda pula. Ada yang menjelaskan hubungan sebab akibat. Ada yang menerangkan secara deskripsi sebuah keadaan. Ada juga yang berusaha menarik kesimpulan. Dan parapgraph ini terdiri dari beberapa kalimat yang saling mendukung.

Ada kalimat utama biasanya di baris pertama yang menerangkan apa isi dari paragraph yang ditulis. Dilanjutkan dengan kalimat pendukung yang menjelaskan kalimat utama dengan informasi tambahan. Isinya bisa fakta, contoh atau informasi lainnya. Menariknya kalimat-kalimat ini ternyata terdiri dari gabungan kata kata.

Kata merupakan sebuah bentuk dasar yang memiliki arti. Meskipun nanti ada dua kata yang memiliki arti. Tetapi kata merupakan bentuk yang perlu diperhatikan. Dengan beragam jenisnya seperti kata benda, kata kerja, kata sifat dan kata keterangan. Termasuk juga perannnya, sebagai subyek, predikat, atau object serta keterangan lainnya.

Nah kalau kita sudah paham ada level seperti ini. Kita bis mulai dengan pendekatan yang terbalik untuk menulis dalam bahasa Inggris.


Mulai Menulis dalam Bahasa Inggris


Kita mulai dengan sebuah kata ya. Coba perhatikan dalam sebuah artikel dalam bahasa inggris. Struktur kata yang digunakan pasti memiliki empat peran tadi, subyek, predikat, object dan keterangan. Dari sini, kita bisa mulai dengan menulis dengan struktur kalimat sederhana.

Contohnya adalah struktur yang paling sering digunakan yaitu Subyek - Predikat - Object. Nah di dalamnya adalah ada tiga peran kata. Kita bisa membuatnya dengan menyebutkan I eat a banana - Saya Makan Pisang. Selesai. Itu sebuah kalimat.

Jadi dengan membuat susunan tiga peran tadi kita bisa membuat sebuah kalimat sederhana. Kemudian buat kalimat kedua dengan struktur yang sama misalkan. It is delicious - Rasanya enak.

Nah kan, ternyata tidak susah menulis itu. Cukup menuliskan beberapa kata ke dalam sebuah kalimat. Dilanjutkan dengan dua atau tiga kalimat berikutnya sudah bisa menjadi sebuah paragraph. Nah kalau sudah jadi satu paragraph. Ulangi lagi proses nya untuk paragraph berikutnya.

Ini cara memulai menulis ya. Mulai dari kalimat ke paragraph, kemudian menjadi artikel. Tetapi kalau mau menulis artikel yang  benar, prosesnya dibalik. Tahu dulu tema apa yang akan dibuat, diturunkan ke bentuk ide-ide paragraph. Dari ide paragraph, baru disusun kalimat kalimatnya seperti yang dijelaskan diatas.



Nah ternyata memulai menulis itu tidak sulit kan? Cukup tiga kata bisa jadi satu kalimat. Beberapa kalimat bisa menjadi satu paragraph. Empat hingga lima paragraph cukup membentuk satu artikel. Sederhanakan?