Latest News

Membangun Kemampuan Mendengar Bahasa Inggris?

mendengarkan bahasa inggris

Salah satu kemampuan yang sering kali dikatakan sulit adalah mendengar bahasa Inggris. Disini dituntut kemampuan mendengar dalam bahasa inggris yang baik. Selain membaca, indera kedua yang paling penting adalah telinga. Sehingga kemampuan memahami sebuah pencakapan dalam bahasa Inggris merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki.

Bayangkan, kita bisa menikmati tayangan film di televisi, dan mata kita tidak harus "plototi" tulisan di bawah gambar. Belum selesai baca, nanti jagoannya sudah kena tinju sama musuhnya. Nah inilah salah satu alasan kenapa mata dan telingan menjadi kombinasi yang baik untuk bisa belajar bahasa Inggris. Karena mata akan menangkap bahasa tubuh yang berbicara sehingga arti lebih mudah ditebak dan diarahkan. Seperti kalau pembicaranya lembut maka kata kata yang digunakan seperti apa, atau apabila sedang emosi marah, sedih kata kata yang keluar seperti apa.

Kesulitan dalam Mendengarkan Bahasa Inggris


Apa kesulitan kita dalam mendengar dalam bahasa inggris? Banyak ya.
  • Cara bicaranya terlalu cepat. Ya ini adalah kesulitan yang paling sering dialami oleh orang yang baru belajar mendengar. Memang untuk komunikasi normal seperti radio atau berita di televisi, cara bicara dengan bahasa Inggris dirasakan terlalu cepat oleh orang yang belum terbiasa. Tetapi kalau sudah berlatih, kita bisa dengan cepat kok memahaminya.
  • Kata-katanya tidak jelas. Hampir sama ya, cuman kali ini apa yang didengar, susah dicari di kamusnya. Iya ya? Iya dengarnya "lif", di kamus bahasa inggris pasti sulit mencarinya dan tidak nyambung sama apa yang dipercakapkan. Itu kata apa ya? Bisa jadi daun "leaves",  bisa jadi pergi "leave"  bisa jadi "leave" mengangkat. 
  • Panjang-panjang kalimatnya. Ini apalagi. sudah suaranya nggak ngerti eh ngomongnya panjang panjang. Kian susah ya? Benar memang kalimatnya panjang panjang, tetapi kalau sudah biasa tahu koq dimana titik berhentinya per kalimat.
Nah kalau kesulitannya sedemikian banyak, terus apa yang bisa dilakukan untuk memulai belajar

Belajar Mendengarkan Bahasa Inggris Pertama Kali

Bagi yang ingin berlajar mendengarkan pertama kali, tentunya akan mencari tahu darimana mulainya? Sebagai prinsip dasar, kemampuan Mendengarkan dan Membaca adalah dua hal yang berbeda di dalam otak kita. Suara akan diterjemahkan tersendiri terhadap sebuah benda/asosiasi. Demikian pula dengan sebuah kata, dia akan berasosiasi tersendiri dengan benda. Jadi semisalkan ada kata kunci, maka suara "kunci" akan berasosasi dengan gambar "kunci". Dan kata "kunci" berasosiasi dengan gambar "kunci". Ini prinsip dasarnya.

Kalau diterjemahkan, bisa tidak orang yang tidak pernah mebaca sebuah kata, bisa mengenali kata yang dimaksud dengan cara mendengar. Jawabannya bisa. Contohnya adalah seorang bayi, tatkala dia mengenal makanan, dia akan mendengar kata "ma mam". Sehingga kalau si bayi ditunjukan sepiring bubur, dia akan segera mengucap "ma mam". Nah kan. Jadi kemampuan kita membaca tidak selalu berhubungan lurus dengan kemampuan mendengar. Keduanya memiliki karakter yang berbeda. Tetapi keduanya saling mendukung, benar.

Nah ini ada beberapa tips untuk belajar mendengar dalam bahasa inggris,
  • Bermain Flash Card. Flash Card ini sebuah permainan yang menunjukan gambar dan ada suara yang diucapkan. Seperti gambar burung, kemudian ada suara "bird". Nah Ini dilakukan dalam setiap hari minimal 5 kata. Kalau setiap hari dilakukan, 1000 kata saja, sudah bisa hampir 60% percakapan yang ada di televisi. Sisanya tinggal dicicil.
  • Berlatih mendengarkan percakapan sederhana. Biasanya ada rekaman suara latihan yang berisi percakapan sementara seperti memperkenalkan diri atau bertanya tentang suatu alamat. Dengan memulai yang sederhana kita bisa dengan cepat melatih. Nah di rekaman ini biasanya ada juga scriptnya, sebelum mendengar biasnaya baca dulu kata kata yang ada di dalamnya. Karena ini akan membantu kita memahami situasi. Dapat juga dilakukan dengan memperlambat suara untuk diawal awal namun setelah terbiasa bisa dibuat normal karena percakapan yang akan dilakukan akan secara normal.
  • Mendengarkan berita di televisi asing, misalkan BBC atau CNN, ini akan membantu kita untuk mendengarkan tetapi dengan bantuan gambar dan bahasa tubuh pembawa acara. Misalkan gambar peta akan memudahkan kita mengenali kata kata nama tempat, gambar orang kecelakaan akan memberikan kita gambaran tentang apa yang terjadi di lokasi kejadian. Berlatih seperti ini biasanya untuk yang sudah mampu mendengar beberapa ratus kata dari flash card, sehingga mudah kita untuk mendengarkannya.
Demikian tips untuk belajar mendengarnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa sebar luaskan dengan mengklik tombol dibawah ini ya.