Latest News

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris

tips memilih kamus bahasa inggris

Coba diperhatikan di rak buku kamu? Ada berapa kamus bahasa Inggris yang telah kamu punya? Satu? Dua? Tiga? Ternyata ada banyak orang yang memiliki kamus lebih dari satu buah. Nah sekarang bagaimana sih memilih kamus Bahasa Inggris itu? Yuk Simak Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris.

Ada banyak jenis kamus bahasa Inggris. Ada yang tebal seperti bantal. Enak buat ganjel laptop, biar lebih lebih tinggi. Ada yang kayak buku saku, lumayan lah buat gaya-gayan di dalam tas. Ada yang covernya bagus, dan warna warni, biar kelihatan indah rak bukunya. #maaf Tetapi bukan itu kan tujuan kamus dibeli.

Kebutuhan Kamus Bahasa Inggis


Hal pertama yang penting untuk kamu harus ketahui untuk membeli kamus bahasa Inggris adalah apa kebutuhan kamu dalam bahasa Inggris. Misalkan kalau kamu sama sekali buta dalam bahasa Inggris maka bisa saja yang dipilih adalah kamus terjemahan Inggris - Indonesia. Ini tips pertama dari tips memilih kamus bahasa inggris.

Mengapa karena kamu butuh untuk membangun kosa kata yang mudah dipahami. Sehingga menggunakan bahasa Indonesia akan sangat membantu kamu dalam membangun kosa kata dalam berbahasa. Tetapi ini tahap awal ya. Jadi kalau membeli tidak perlu yang terlalu mahal, tetapi cukup untuk membantu di tahapan awal.

Nah setelah kamu mulai mengenal sekitar 300 kata, kamu bisa membeli kamus bahasa inggris Oxford. Kamus bahasa Inggris Oxford ini memiliki keunikan karena Inggris ke Inggris. Ini memaksa kita untuk menggunakan kosa kata yang kita miliki untuk dipakai dalam menjelaskan kata dalam bahasa Inggris. Nah di sini tidak harus membeli yang mahal cukup yang memenuhi kebutuhan kita. Dan mudah dibawa bawa.

Tetapi berbeda kalau memang ingin menggunakan kamus untuk penulisan yang lebih serius seperti penterjemah atau penulis artikel khusus. Bagi para profesional ini biasanya ada kamus meja yang ada disamping mereka kalau mereka sedang bekerja. Terutama untuk kata kata khusus di bidang tertentu seperti kedokteran, arsitek, mesin, IT dan masih banyak lainnya.

Kriteria Kamus Bahasa Inggris yang Baik


Nah ini ada beberapa karakter dari isi kamus bahasa inggris yang baik sebagai bahan pertimbangan dari tips memilih kamus bahasa Inggris


  • Tulisannya jelas tidak terlalu rapat dan tidak terlalu tipis. Karena kamus akan dibaca dengan baik, tentu tulisannya harus cukup jelas dibaca oleh mata. Kalau terlalu kecil tentunya akan menyusahkan orang yang membacanya. Terkadang juga huruf yang dituliskan terlalu tipis sehingga dibeberapa cetakan hurufnya seperti menghilang.
  • Kertas Ringan. Nah ini juga cukup penting. Kadang kertas yang digunakan memiliki berat yang lumayan sehingga akan menyulitkan untuk dipindah pindahkan. Sehingga untuk kebutuhan seperti ke tempat kursus bahasa Inggris, pilih kamus yang ringan namun cukup lengkap.
  • Ada cara membacanya. Maksudnya di kamus yang baik, ada cara membaca dari katanya. Contoh de·moc·ra·cy /diˈmäkrəsē/ nah itu ada teknik membacanya dan bisa dipelajari
  • Ada jenis  kata seperti noun, verb. dan biasanya ada bentuk bentuk turuannnya. Hal ini memudahkan kita untuk mengenali jenis katanya dan tahu kapan digunakan.
  • Ada beberapa arti dari satu kata. Nah ini cukup penting karena sebuah kata akan tergantung konteks sehingga satu kata dapat memiliki beberapa arti tergantung dengan kalimat yang digunakan.
  • Ada contoh dari arti kata terkait. Ini juga penting, karena akan memberikan kepada kita bagimana sebuah kata akan digunakan dalam sebuah kalimat dan dapat belajar lebih cepat karena situasi kalimatnya dapat dilengkapi.

Okay, secara garis besar, ada dua tips memilih kamus bahasa inggris yang harus diperhatikan. Pertama pastikan kamus yang dipilih adalah kamus yang sesuai dengan tingkat kebutuhan kamu. Kedua pastikan kamus yang dibeli  memiliki kriteria isi yang baik dan cukup ringan dipindah pindahkan.