Latest News

Darimana Mulai Belajar Bahasa Inggris Dasar ?

Belajar Bahasa Inggris Dasar

Bagaimana bila ada pertanyaan seperti ini, Darimana Mulai Belajar Bahasa Inggris Dasar? Kira-kira apa ya jawabannya. Pertanyaan sederhana tetapi jawabannya yang agak rumit. Karena setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam berbahasa Inggris.

Namun yang terlebih penting dari semua pelajarannya, kita memahami dahulu tujuan belajar bahasa inggris. Mengapa hal ini penting? Karena masing-masing dari kita memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang ingin bisa berbahasa inggris karena pergaulan, karena mau ujian, karena mau bisa baca artikel, atau karena mau mendengarkan isi lagu. Nah ini pentingnya mengetahui dulu tujuan belajar bahasa inggris.



Prinsip Belajar Bahasa Inggris Dasar


Nah, ini ada beberapa prinsip kalau kita ingin belajar bahasa Inggris dasar. Prinsip ini digunakan untuk memandu kita agar mampu berbahasa Inggris, artinya sesuai dengan tujuan kita belajar.

  • Pertama, Mulai dari yang sederhana. Seperti membangun sebuah dinding, maka kita dapat mulai dengan menyusun bata dari yang paling dasar, satu satu diletakan kemudian naik hingga keseluruhan dinding dikuasai. Berdasarkan sebuah referensi untuk seseorang mampu berbahasa Inggris dibutuhkan 1000 - 3000 kata saja. Artinya kita bisa mulai dengan kata-kata yang sederhana terus berkembang hingga menjadi kalimat yang kompleks.
  • Kedua, Berlatih secara konsisten. Untuk dapat menghasilkan sesuatu yang diinginkan, tentu kita harus belatih secara rutin. Ada sebuah teori yang menyebutkan dibutuhkan 20 jam saja untuk membuat sesorang mampu memiliki kemampuan dasar apapun. Jadi kalau dalam satu bulan ingin mampu menguasai bahasa Inggris dasar, maka sisihkan 45 Menit per hari untuk berlatihnya.
  • Ketiga, Asosiasi Gambar - Suara - Kata. Ada hal yang menarik kalau kita mengamati sebuah kata. Misalkan kita mendengar kata "Pepaya". Apa yang ada di kepala kita, apakah sebuah kata pepaya? Ternyata bukan ya, sebentuk gambar buah pepaya. Nah ternyata kita akan mudah belajar kalau kita belajar dengan banyak cara misalkan dengan flash card, yaitu menghubungkan antara gambar sebuah benda dan suaranya. Selanjutnya baru dikembangkan antara gambar dan bentuk huruf.
  • Empat, Berjenjang. Setelah menguasai 300 asosiasi gambar dan kata, kita dapat mulai membentuk phrase phrase menarik. Misalkan Adjective  - Noun. Contoh kita tahu Red, Big, Tshirt. Nah kita bisa membuat kombinasi dengan Big Red Tshirt. Selanjutnya Kita Kenal Kata Blue, kita bisa kembangkan menjadi Big Blue Tshirt, Lalu kita kenal arti kata Small. Kita bisa kembangkan menjadi Small Red Tshirt dan Small Blue Tshirt. Demikian seterusnya, kita membangun dari satu kata menjadi phrase dan satu kalimat.
  • Lima, Jangan Takut Salah. Kita belajar karena mampu membedakan mana yang baik dan mana yang salah. Dengan sering berbuat salah maka kita jadi tahu mana yang benar. Itulah belajar. Jadi jangan takut berbuat salah, salah bicara, salah menulis, salah mengartikan, salah mendengar adalah wajar. Sehingga jangan karena takut salah, kita takut melakukan semua hal.
  • Terakhir, Tidak harus mengerti semua kata untuk memahami. Dalam berbahasa ada yang disebut konteks, yaitu situasi dimana sebuah kata digunakan. Jadi bila ada sebuah kalimat yang cukup panjang, tetapi kita belum memahami semua kata. Jangan khawatir, pahami sebagai sebuah informasi yang lengkap saja. Jangan terlalu khawatir tentang kata yang belum diketahui tadi. Tetapi kalau memang ingin tahu, baru kita bisa mencari tahu artinya melalui kamus.


Dimana Bisa Belajar Bahasa Inggris Dasar


Ada beberapa tempat dimana kita belajar bahasa Inggris Dasar. Salah satu media yang termudah adalah Buku Anak-Anak. Mengapa? Karena Buku Anak-anak didisain untuk mengajarkan hal yang sederhan. Jadi kalau ingin belajar bahasa Inggis yang sederhana, mulai saja dengan membaca buku-buku anak berbahasa Inggris.

Cara kedua adalah bermain game. Nah cara belajar yang terlalu monoton kadang tidak menarik bagi sebagian orang. Bermain game kata kata dalam bahasa Inggris seperti hang-man, fill in the blank, akan membantu kita mengetahui kosa kata dengan cepat. Karena kita bermain, kita menjadi lebih rileks dan mudah menyerap informasi tanpa disadari.

Ingin lebih serius lagi, cari teman yang sudah pandai berbahasa Inggris. Dengan belajar bersama teman kita bisa lebih cepat karena kita bisa mengamati, dan menggunakan kata-kata yang lazim dipakai oleh teman kita. Tanpa harus membaca, atau bermain, kita bisa mengamati apa yang digunakan misalkan saat pesan makan di restorant, membeli barang di supermarket dan tempat lainnya. Menyerap kata kata praktis akan sangat membantu dalam kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.