Latest News

Bagaimana Belajar Membaca dalam Bahasa Inggris

Ingin bisa membaca bahasa Inggris?  Mari kita cari tahu Bagaimana Belajar Membaca dalam Bahasa Inggris. Ada pepatah mengatakan membaca adalah pintu ilmu pengetahuan. Dengan membaca kita memiliki kemampuan untuk membeli mengetahui banyak pengetahuan baru dengan membaca tulisan-tulisan terbaru. Bayangkan tulisan itu berada di sekitar kita tetapi kita tidak mengetahui artinya.

membaca bahasa inggris




Manfaat Mampu Membaca dalam Bahasa Inggris

Mengapa sih kita memaksakan diri untuk bisa membaca dalam bahasa Inggris? Nah ini penting karena kalau kita tidak tahu apa yang kita inginkan atau tujuan belajar bahasa inggris, maka kita tahu apa yang kita cari. Termasuk ingin bisa membaca tulisan berbahasa Inggris, maka kita akan mencari tahu bagaimana cara membacanya.

Ini adalah manfaat kalau kamu bisa membaca bahasa Inggris.

  • Bisa baca subtitle film. Nonton film barat baik di TV maupun di Bioskop semakin bisa mamahami ceritanya, apalagi kalau banyak percakapannya. Kalau nggak ngerti yang diomong, nggak tahu tulisan subtitle bahasa Inggrisnya.  Wah parah. Bisa cuman lihat gambar doang.
  • Bisa tambah pengetahuan baru dengan membaca tulisan-tulisan yang terkait dengan bidang yang kamu senangi. Misalkan masak memasak, kesehatan, olahraga, teknologi maupun bisnis dengan mudah. Cukup dengan membaca artikel yang ada, kamu bisa menambah luasnya pengetahuan dan berita terkini.
  • Bisa mengetahui budaya orang lain. Dengan kemampuan berbahasa Inggris, kita dapat mengetahui cara orang amerika, inggris, atau eropa untuk mengungkapkan pendapat, berinteraksi satu sama lain, batasan sosial, pola pikir dan banyak lagi karakter maupun tingkahlaku mereka. Sangat menarik karena kita bisa memposisikan kita bagaimana berinteraksi dengan mereka.

Memulai Belajar Membaca Bahasa Inggris


Nah ini yang penting sekali. Menurut penelitian, ternyata kita hanya butuh 1000-3000 kata untuk dapat memahami kata dalam bahasa Inggris. Karena 1000-3000 kata inilah yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Jadi kalau sehari kita bisa paham 5 kata saja, maka butuh sekitar 200 hari atau kurang dari setahun untuk mengetahui kata-kata yang dimaksud.

Bagaimana caranya, ini dia
  • Ambil sebuah buku cerita Anak. Cari buku cerita anak dalam bahasa Inggris yang tulisannya tidak panjang panjang. Biasanya satu halaman ada 3 - 5 kalimat. Ini pegangan anda untuk minggu pertama.
  • Cari kamus yang kamu sukai, ringan dan mudah dibaca. Atau bisa mengunakan google translate untuk membantu menterjemahkan.
  • Siapkan satu buku kecil khusus yang akan mencatat kamus kamu sendiri. Bagi buku tadi menjadi halaman A,B ... sampai Z jadi ada 24 halaman minimal.
  • Nah sekarang, setiap hari baca satu halaman. Baca tiga atau lima kalimat tadi. Tandai kata mana yang belum diketahui. Misalkan "mind". Selanjutnya cari di kamus, dapat artinya "pikiran". Selanjutnya kita catat di halaman yang sesuai yaitu halaman "M". Demikian seterusnya. Nah cara memahami kalimatnya sederhana, artikan saja kira kira, dengan gabungan kata-kata tadi.
  • Kalau ini dilakukan terus, setiap hari 5 kata saja. Satu minggu kita akan dapat 35 kata. Satu bulan akan mendapat 140kata. Cukup bagus untuk awal membaca sebuah buku baru. Lanjutkan terus hingga mendapat 1000 kata. Ingin tahu hasilnya, coba ambil artikel dalam bahasa Inggris, coba lihat apakah kita bisa memahami 10% artikel, 20% atau 90%? Sebuah kemajuan bukan
Selamat belajar membaca dalam bahasa Inggris ya. Semoga sukses dengan tips ini.